Tuesday, March 26, 2019

Senam Peteen (SNMPTN)


Senam Peteen (SNMPTN)

Ketika kita mau masuk perguruan tinggi negeri pasti jalur pertama yang kita tempuh adalah SNMPTN. SNMPTN merupakan pertempuran pertama dalam hidup. Bagiku dan bagi Alya. Kami seperti bersaing dengan diri sendiri dan kawan sendiri. Banyak yang menginginkan kampus sama dengan jurusan yang sama antar persahabatan. Otomatis bertempur dengan kawan sendiri. Konyol.
Akan aku ceritakan sebuah kisah tentang Gagalnya seseorang saat SNMPTN. Bukan aku, tetapi Dia. Namanya Alya. Dia yang akan aku ceritakan.  Dia sekolah di SMA Negeri Favorit di kampungnya. Yang aku tahu Alya orangnya pintar dia selalu saja masuk 3 besar juara kelas. Dia dikenal oleh guru-guru sebagai anak yang smart dan bagus public speackingnya.
Karena Alya merasa dirinya unggul dibidang akademik lalu ia memutuskan untuk lanjut kuliah dengan Perguruan tinggi negeri yang sangat bergengsi. Salah satunya di UGM jurusan Matematika. Oh iya, dia juga daftar beasiswa ke Jepang bersama teman-temannya seingatku nama beasiswanya Mitsui Busan.mengenai beasiswa ini.Apakah kamu tahu channel youtube “Nihongo mantappu”? Youtuber kelahiran 98 ini memiliki subscriber 1 Juta lebih. Namanya Jerome Polin. Jerome merupakan Anak Bangsa yang kuliah di Jepang penerima beasiswa Mitsui Busan.
“Sepertinya dulu kita berperang melawan Jerome polin saat daftar beasiswa mitsui busan. Haha” Kata Alya setelah melihat salahsatu vlog Jerome.
Meninggalkan kisah Jerome mari kita kembali fokus kecerita Alya. Matahari berganti bulan, siang berganti malam, tiba saatnya pengumuman SNMPTN. Alya bersama teman-temannya mulai khawatir, mulai gelisah dan mulai memasang raut wajah yang biasa aja untuk mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi.
“Apa ini yang berdegup kencang?”katanya pada diri sendiri
“Apakah aku sedang jatuh cinta? Atau terlalu gelisah menunggu kepastian darimu (SNMPTN)” Ujar Alya dengan tingkahnya yang agak lebay.
Masing-masing membuka website untuk melihat pengumuman SNMPTN dengan tulisan Lolos/Tidak Lolos. Semuanya mendapatkan pengumuman dengan warna merah menyala yang bertuliskan Tidak Lolos. Tak satu pun yang lolos. Dunia begitu jahat memojokan Alya yang begitu percaya diri akan lolos SNMPTN. Alya yang semula seorang wanita yang smart, percaya diri, public speackingnya bagus berubah menjadi seseorang yang tidak berkembang pengetahuannya, menjelma menjadi seseorang yang minder, dan ketika berbicara di depan umum lidahnya berubah kaku, suaranya berubah menjadi lemah dunianya berubah menjadi kelam dan mengerikan. Langit serasa runtuh buminya serasa ditelan hatinya serasa pecah jantungnya serasa berhenti dan cintanya serasa putus. Dia menangis terisak-isak di sebuah kamar ditemani kerudung yang dipenuhi air mata. Berhari-hari dia memenjarai diri disebuah kotak. Alya begitu terpuruk, kamu tahu?
Mari tinggalkan cerita Alya yang begitu menyayat hati.
Ternyata dunia tidak berhenti disitu. Masih ada jalur lain yang bisa semua orang ikuti untuk masuk ke perguruan tinggi. Masih ada SBMPTN, SM, dan jalur lain yang tidak bisa aku sebutkan satu persatu.
Suatu hari akan aku ceritakan kembali tentang Alya masuk perguruan tinggi lewat jalur SBMPTN dan jalur mandiri.
Sekian…

Senam Peteen (SNMPTN) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vita Sizu

1 komentar: